PARA ASISTEN KASAD DAN KOORSAHLI KASAD TERIMA BREVET KEHORMATAN TAIPUR

 Bertempat di Lapangan Upacara Kompi Taipur Kostrad, Cilodong, Bogor, Jumat (30/4), Panglima Kostrad Letjen TNI Burhanudin Amin menyematkan Brevet Taipur kepada Para Asisten Kasad dan Koorsahli Kasad.

Hadir pada acara penyematan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta, Wakasad, Itjenad, Pangdivif-1, Pangdivif-2 dan Kasdivif-1 Kostrad, serta Ketua Umum dan Pengurus Pusat Persit Kartika Chandra Kirana, Mayjen TNI S. Simanjuntak, S.Sos,. Koorsahli Kasad. Pejabat penerima brevet yang menandai sebagai warga kehormatan satuan Taipur Kostrad yaitu Mayjen TNI Tisna Komara Aspam Kasad, Mayjen TNI Haryadi Soetanto Asops Kasad, Mayjen TNI H. Arri Sujono, S.H., S.IP., M.Sc., Aspers Kasad, Mayjen TNI Wibowo, S.IP., Aslog Kasad, Mayjen TNI Jul Efendi Syarif Aster Kasad, Brigjen TNI Ir. Mulhim Asyrof Asrena Kasad dan Mayjen TNI S. Simanjuntak, S.Sos., Koorsahli Kasad.

Penyematan brevet kepada Para Asisten Kasad dan Koorsahli Kasad dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang materi latihan yang dilaksanakan oleh prajurit Taipur dan sekaligus menumbuhkan rasa memiliki terhadap satuan Taipur Kostrad. Sebelum penyematan brevet, Para Asisten dan Koorsahli Kasad melaksanakan materi latihan Taipur, mulai dari lempar pisau dan kampak, penyeberangan basah, naik togel, sumpit dan menembak reaksi senapan dan pistol.

Satuan Taipur Kostrad dibentuk dan diresmikan pada tanggal 4 Agustus 2001 di Gunung Sanggabuana Karawang atas prakarsa mantan Panglima Kostrad Letjen TNI Ryamizard Ryacudu. Pembentukan Taipur ini didasari pertimbangan akan pentingnya satu satuan kecil yang mempunyai kemampuan lebih sebagai pengintai awal sekaligus pemukul dalam suatu operasi, dengan tugas menghancurkan garis belakang pertahanan musuh, mampu menerobos medan pertempuran di darat maupun di pantai atau pulau-pulau kecil. Satuan ini pertama kali diuji coba saat operasi Darurat Militer I di Aceh Tahun 2003, dimana mereka bergabung bersama Kopassus dalam Detasemen Cakra dan mampu melaksanakan tugas dengan baik dan berhasil.

KOSTRAD

KOMANDO CADANGAN STRATEGIS ANGKATAN DARAT

MARKAS KOSTRAD
Jl. Merdeka Timur No.3
Jakarta Pusat
Indonesia