YON ARMED 12 KOSTRAD UJI PROTAP PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

Mencermati seringnya terjadi bencana alam banjir pada saat ini serta bencan alam lainnya, untuk mengantisifasi itu semua serta mempersiapkan untuk penanggulangan musibah tersebut  anggota Yonarmed 12/1/2 kostrad memberikan pertolongan kepada pengungsi/penduduk setempat dalam  kegiatan latihan uji protap penanggulangan bencana alam kebanjiran di waduk Pondok Desa. Dero Kec. Bringin Kab. Ngawi,Jawa Tmur. Kamis(27/9)

Danyon Armed 12 Kostrad Letkol Arm Soegeng Riadi,  menjelasakan pelaksanaan kegiatan uji protap latihan penanggulangan bencana banjir tersebut meliputi materi teknis dan taktis Pengenalan LCR, Pengenalan Mesin Tempel, Pengenalan Alat Selam, Teknik mendirikan Tenda Serbaguna, Teknik menggelar dapur lapangan, Teknik evakuasi korban diatas air, Teknik evakuasi korban dibawah air, Pertolongan pertama pada korban dan Teknik mencari lokasi pengungsian, dengan jumlah personil yang mengikuti latihan tersebut sebanyak   ( 1 SSK ).

Dengan tujuan latihan ini adalah untuk Meningkatkan kesiapan satuan Yon Armed 12/1/2 Kostrad dalam mengoperasionalkan Protap penanggulangan bencana alam yang ada di satuan dalam rangka menghadapi kemungkinan bencana alam yang terjadi di wilayah tanggung jawabnya.

Untuk menangani bahaya banjir yang mungkin terjadi sewaktu-waktu di Yonarmed 12/1/2 kostrad, yang diakibatkan oleh faktor alam maka diperlukan pedoman bagi personel Yonarmed 12/1/2 kostrad sebagai pegangan dan petunjuk untuk melaksankan tugas apabila terjadi bahaya banjir, sehingga dengan terlatihnya Yonarmed 12/1/2 kostrad untuk penanggulangan bahaya banjir bila dihadapkan pada keadaan sebenarnya Yonarmed 12/1/2 kostrad sudah siap di terjunkan guna membantu memberikan pertololang kepada masyarakat yang terkena musibah banjir.

KOSTRAD

KOMANDO CADANGAN STRATEGIS ANGKATAN DARAT

MARKAS KOSTRAD
Jl. Merdeka Timur No.3
Jakarta Pusat
Indonesia