Batalyon 514/R Kostrad Masuk Daerah Persiapan

Batalyon 514/R Kostrad yang dipimpin oleh Komandan Batalyon 514/R Kostrad Letkol Inf Franz Yohannes Purba mulai bergerak untuk memasuki daerah persiapannya di sekitar jalan Poros menuju perempatan Kaliorang, Sangatta (19/11).


Setelah merapat di Pantai Sekerat dua hari yang lalu, kini memasuki daerah persiapan. Batalyon 514/R Kostrad melakukan pergerakan untuk kontak melintasi daerah yang telah dikuasai oleh pasukan pendarat. Dalam hal ini, pasukan Marinir TNI AL, teknik perlintasan dilakukan dengan cara koordinasi dengan pasukan kawan. Tujuan dari koordinasi ini untuk mengetahui semua informasi tentang situasi kawan dan lawan didepan dalam pergerakan maju pasukan Batalyon 514/R Kostrad.
Menurut Danyon 514/R Kostrad Letkol Inf Franz Yohannes Purba, Batalyon ini terdiri dari 5 Kompi ditambah dengan perkuatan 1 Peleton Zipur. Setelah berada di titik temu, pasukannya melanjutkan ke lorong perlintasan. Setelah sampai di titik pisah, kendali berada di pasukan pendarat yakni pasukan Marinir TNI AL. “Dalam gerak maju, pasukan Batalyon 514/R Kostrad beberapa kali mendapatkan perlawanan dari kelompok kecil pasukan musuh yang berada di beberapa titik perlintasan”, tambah Danyon.
Setelah berhasil memukul mundur beberapa pasukan musuh. Akhirnya, Batalyon 514/R Kostrad mendapatkan daerah pertahanan sementara yang telah disterilkan dari gangguan musuh baik personel maupun ranjau. Untuk dijadikan daerah persiapan dalam serangan selanjutnya.

 

KOSTRAD

KOMANDO CADANGAN STRATEGIS ANGKATAN DARAT

MARKAS KOSTRAD
Jl. Merdeka Timur No.3
Jakarta Pusat
Indonesia