PEMUSATAN LATIHAN BELADIRI YONGMOODO SATJAR DIVIF-2 KOSTRAD


 

Untuk meningkatkan kemampauan Prajurit di bidang seni beladiri, maka perlu suatu bela diri yang memiliki  ciri khas yang khusus di lingkungan militer, Memang beladiri Militer sudah lama ada di lingkungan prajurit TNI AD. Namun bela diri tersebut  tidak mempunyai tingkatan seperti beladiri lainnya, sehingga belum dapat di ukur tingkat standarisasi kemahirannya,  Sehingga beladiri tersebut kurang dapat berkembang baik di kalangan prajurit.

 

            Mengatasi hal tersebut agar seni bela diri militer menjadi suatu bela diri yang dapat berkembang dan diminati oleh setiap prajurit, maka Panglima Kostrad berdasarkan Surat Telegram Pangkostrad Nomor ST/253/2009 tanggal 20 April 2009 tentang perintah untuk melaksanakan latihan terpusat beladiri Yongmoodo.

 

Perintah Panglima Kostrad ke seluruh jajarannya baik Divif-1 maupun Divif-2  Kostrad bertujuan untuk meningkatkan mutu Prajurit dengan mengembangkan seni beladiri Yongmoodo yang berasal dari Korea yang dikenal dengan nama Federasion Yongmoodo Korea, sampai saat ini senibela diri Yongmoodo sudah diakui oleh tingkat Dunia.

 

Bentuk beladiri Yongmoodo merupakan gabungan dari berbagai macam dasar beladiri dengan dikombinasikan  spesialis dari gerakan-gerakan Taekondo, Hapkido, Kumbo, Judo, Gulat, Jujitsu, sehingga tercipta suatu sistim  beladiri yang sangat efektif dan efesien yang dilakukan dengan berbagai variasi tendangan, pukulan, bantingan, lemparan, bergulat, tehnik jatuh, tehnik kuncian. Perpaduan variasi seni bela diri Yongmoodo ini semakin menarik dan sangat menantang bagi prajurit.

 

            Sampai saat ini Divif-2 Kostrad telah memiliki 220 orang atlet Yongmoodo dari hasil pembinaan gelombang pertama yang dilatihkan secara kontinue selama 3 bulan yang lalu. Dan pada pertengahan Agustus 2009 mendatang akan dilaksanakan pembinaan gelombang kedua dengan jumlah peserta 220 orang yang berasal dari prajurit-prajurit terpilih di jajaran Divif-2 Kostrad.

 

Dengan bekal seni beladiri Yongmoodo ini diharapkan kemampuan Prajurit Kostrad khususnya Divif-2 Kostrad memiliki karakter percaya diri dan berjiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

KOSTRAD

KOMANDO CADANGAN STRATEGIS ANGKATAN DARAT

MARKAS KOSTRAD
Jl. Merdeka Timur No.3
Jakarta Pusat
Indonesia