YONIF 323/RAIDER/13/1 KOSTRAD LAKSANAKAN LATIHAN GULTOR


 Satuan Yonif 323/Raider Kostrad sebagai salah satu satuan yang selalu siap sedia untuk mengamankan dan melindungi seluruh masyarakat Indonesia dimanapun dan kapanpun berada sehingga masyarakat bisa melaksanakan kegiatan dengan rasa aman dan nyaman terhindar dari segala bentuk dan ancaman dari para teroris yang selalu membuat rasa tidak aman terhadap masyarakat.

 

Guna memelihara dan meningkatkan kesiapan satuan tersebut, bertempat di Stasiun KA Banjar-Ciamis, Jabar, berlangsung latihan Gultor Yonif 323/Raider/13/1 Kostrad. Diskenariokan KA Mutiara jurusan Bandung-Surabaya, di Stasiun KA Banjar Selasa dini hari dibajak oleh kelompok teroris yang mengajukan tuntutan uang sebanyak satu milyar. Teroris menyandera seluruh penumpang dan mengamncam akan meledakkan kereta api dengan menggunakan bom bunuh diri apabila tuntutan tidak dipenuhi pemerintah. Dengan perencanaan dan persiapan yang matang, Tim Gultor Yonif 323/Raider Kostrad dipimpin Kapten Inf Fardi Wardhana beraksi dengan cepat, senyap dan tepat untuk melumpuhkan teroris. Kondisi dapat dikendalikan, jatuhnya korban dari para sandera dapat diminimalkan dan bom yang telah diaktifkan oleh para teroris dapat dijinakkan sehingga tidak meledak di dalam kereta.

 

Satuan Yonif 323/Raider Kostrad selain sebagai satuan andalan Kostrad dalam penanggulangan teroris juga disiapkan sebagai satuan yang akan melaksanakan tugas sebagai pasukan perdamaian PBB di Lebanon sebagai Satgas Garuda XXIII-D yang menggantikan satgas Garuda XXIII-C yang saat ini bertugas di Lebanon. Saat ini satuan sedang melaksanakan pratugas dalam satuan dengan melatihkan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam penugasan di Lebanon, meliputi : Check point, Escort Convoy, Patrol, Distributin site, Cordon and Search, DDR dan UN Proscom.

KOSTRAD

KOMANDO CADANGAN STRATEGIS ANGKATAN DARAT

MARKAS KOSTRAD
Jl. Merdeka Timur No.3
Jakarta Pusat
Indonesia