ASTER KASKOSTRAD IRUP UPACARA BENDERA TUJUH BELASAN DI MAKOSTRAD

        “Tingkatkan kepekaan dan kewaspadaan terhadap perkembangan yang tengah terjadi, terutama kemungkinan adanya jaringan teroris di sekitar lingkungan keluarga prajurit. Laksanakan koordinasi dengan jajaran instansi terkait, dalam rangka tukar menukar informasi tentang perkembangan jaringan teroris yang ada saat ini”. Demikian penegasan Pangkostrad Letjen TNI George Toisutta pada upacara bendera Tujuh Belasan Bulan September 2009 di Satuan Jajaran Kostrad, Kamis (17/6).

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Aster Kaskostrad, Kol Inf Toto Endraharto, Pangkostrad lebih lanjut menyatakan bahwa sejalan dengan dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, tantangan  tugas  yang dihadapi  di   masa mendatang tidak semakin ringan. Oleh karenanya, setiap prajurit harus mampu mewujudkan penampilan dirinya sebagai prajurit pejuang yang profesional, bermoralitas tinggi, berdedikasi, loyal dan tangguh serta handal dalam setiap penyelesaian tugas. Kemampuan seperti ini tidaklah mudah untuk diwujudkan, tetapi bukan pula merupakan sesuatu yang terlalu sulit   untuk   dicapai,   apabila   ada  kesiapan satuan serta kemauan untuk belajar dan berlatih.

Berkaitan dengan aspek kesiapan satuan, saat ini Kostrad tengah melaksanakan pengembangan satuan, dengan pemenuhan personel dan material satuan jajaran Brigif 22/3 Kostrad dan Yon Armed 19/3 Kostrad. Pemenuhan personel awal diambil dari satuan jajaran Divif-1 dan Divif-2 Kostrad sebagai kerangka yang pergeserannya di rencanakan pada minggu IV September 2009.

Dalam aspek latihan, mulai bulan depan akan dilaksanakan Latihan PPRC TNI TA 2009, dimana Divif 1/Kostrad sebagai kekuatan   inti.   Pelaksanaan   latihan  diawali dengan Geladi Mako pada minggu IV Oktober 2009, dilanjutkan dengan Geladi Lapangan pada minggu IV Nopember 2009. Selain itu, dalam rangka penugasan luar negeri, 1 Kompi Mekanis Satgas Konga XXIII/C1 UNIFIL telah selesai melaksanakan latihan pratugas dan siap berangkat pada bulan Oktober 2009. Disamping itu, 1 Yon Mekanis Satgas Konga XXIII/D siap berangkat pada bulan Desember 2009. Sedangkan untuk  penugasan dalam negeri, Yonif Linud 433/3/1 Kostrad telah selesai melaksanakan latihan pratugas dan siap melaksanakan penugasan Pamtas Rl-PNG, untuk mengggantikan Satgas Yonif 321/13/1 Kostrad. 

Pada bagian akhir amanatnya, Pangkostrad menyampaikan beberapa penekanan yaitu pemanfaatan  E-Commando dalam segala aktifitas, pengamanan instalasi dan peralatan elektrik, pengelolaan sampah terpadu, serta penekanan untuk senantiasa memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan selama perjalanan dari dan ke kampung halaman dan mematuhi ketentuan pelaksanaan cuti yang telah ditentukan satuan.

KOSTRAD

KOMANDO CADANGAN STRATEGIS ANGKATAN DARAT

MARKAS KOSTRAD
Jl. Merdeka Timur No.3
Jakarta Pusat
Indonesia