Rumah pintar Cakra Cendekia 1 Kostrad

Rumah pintar Cakra Cendekia 1 Kostrad didirikan berdasarkan ide dan pemikiran Pangkostrad dan Ibu Hj. Nur Alam George Toisutta, dengan arahan Kasad Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo. Hal ini dimaksudkan sebagai salah satu solusi dalam menghadapi permasalahan pendidikan dan sekaligus untuk meningkatkan pendidikan anak di Indonesia, khususnya yang berada di  wilayah Cilodong Bogor, guna menciptakan generasi muda yang cerdas dan berkualitas. Konsep pembangunan rumah pintar ini merupakan kelanjutan dari pengembangan konsep motor pintar, mobil pintar dan rumah pintar yang sudah dibangun dan telah berjalan di Divisi Infanteri-2 Kostrad, Singosari-Malang. 

Komplek GOR Kartika, Divisi Infanteri 1/Kostrad Cilodong dipilih sebagai lokasi pembangunan dengan pertimbangan bahwa areal ini cukup strategis, berupa komplek rekreasi terbuka untuk umum, serta dikelilingi sebagai ujung tombak bidang konstruksi.

 


  Dalam pembangunan rumah pintar ini selalu berprinsip pada pelestarian lingkungan dengan tidak merusak vegetasi yang telah ada, sehingga bangunan baru akan berdiri selaras dengan alam sekitar. Pekerjaan pembangunan rumah pintar diselesaikan dalam kurun waktu 6 minggu. Komplek bangunan rumah pintar terdiri dari :

 Bangunan utama dengan luas 358 m2 dengan fasilitas 1 unit ruang perpustakaan, 1 unit ruang kriya, 1 unit ruang komputer, 2 unit ruang laboratorium anak SD dan SLTP, 1 unit ruang bermain anak, 1 unit hall atau ruang tengah serbaguna, 2 unit toilet pria dan wanita serta 1 unit balkon untuk penonton panggung terbuka.

 



Bangunan rumah pohon 2 unit berbentuk segi delapan dengan taman bermain anak-anak dengan luas 1.570 m2.   Jogging track sekellling rumah pintar sepanjang 325 m dengan lebar 2 m.  Kafetaria dengan luas 666 m2,  Taman labirin untuk tempat bermain anak.  Rumah pohon rambat sebagai tempat merambat pohon markisa,  Areal parkir kendaraan dengan luas 430 m2.

 



 

             Di luar rumah pintar, tersedia sarana pendukung berupa konsep ketahanan pangan yang merupakan ide prajurit Kostrad yang dikelola oleh satuan secara langsung dan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit. Sarana tersebut meliputi perkebunan sayuran dan tanaman obat; peternakan kambing ettawa; peternakan bebek; budidaya jamur tiram dan budi daya ikan air tawar  dan pengolahan kompos. Selain itu juga terdapat sarana pendukung untuk olahraga yang berupa jogging track di luar rumah pintar sepanjang 1.600 m, tepatnya mengeliljngj lapangan tembak 600. Secara keseluruhan, pembangunan rumah pintar beserta sarana pendukungnya menelan biaya 1,7 Milyar yang merupakan swadaya Kostrad dan bantuan dari PT Pertamina.

 


 

Rumah pintar Cakra Cendekia 1 Kostrad diresmikan penggunaanya oleh Ibu Hj Ani Bambang Yudhoyono pada suatu acara yang dihadiri oleh Kasad, Ibu Murniati Widodo AS selaku Ketua SIKIB, Dirut Pertamina, Dirut PT Telkom Dirut PT Pudak, Dirut ILMCI dan undangan lainnya. Dalam operasionalnya rumah pintar dijalankan oleh tutor dan asisten tutor yang telah dilatih dan dibuka setiap hari Senin sampai Minggu dimulai jam 08.00 sampai 05.00 sore. Walaupun rumah pintar ini berada di dalam komplek Madivif 1 Kostrad Cilodong, namun mendapat respon positif dari masyarakat sekitar untuk menjalin  kerjasama danmengunakan fasilitas yang tersedia. Kita berharap terwujudnya rumah pintar yang telah mendapat dukungan dari SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu), PT Pertamina, PT Telkom, PT Pudak dan PT ILMCI dapat memberikan kontribusi dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang cerdas dan sejahtera.

 


KOSTRAD

KOMANDO CADANGAN STRATEGIS ANGKATAN DARAT

MARKAS KOSTRAD
Jl. Merdeka Timur No.3
Jakarta Pusat
Indonesia