Yonif Linud-432 Kostrad-Waspada Setia Jaya

 YONIF LINUD 432 WASPADA SETIA JAYA

 

BATALYON INFANTERI LINTAS UDARA 432 WASPADA SETIA JAYA sebagai bagian dari PASUKAN LINTAS UDARA yang telah melegenda, merupakan suatu satuan yang dibekali dengan kemampuan khusus yakni kemampuan Para dan juga telah banyak berkiprah di berbagai medan operasi baik Dalam maupun Luar Negeri. Yonif Linud 432 ini berada dibawah naungan Brigade Infanteri Lintas Udara 3 Kostrad yang letaknya di Kariango-Sulawesi Selatan, mempunyai kisah yang panjang dalam proses kelahirannya. Semula, adalah satuan dibawah naungan Grup 3 Kopassus yang kemudian pada tanggal 9 Desember 1986 beralih Kodal menjadi bagian dari Komando Cadangan Strategis TNI-AD (KOSTRAD).

           

Dari masa ke masa Yonif Linud-432 ini, telah banyak ikut berperan aktif dalam berbagai operasi di daerah-daerah yang mengalami konflik Dalam Negeri yaitu operasi di wilayah TIMOR-TIMUR (sekarang Timor Leste), Irian Jaya (sekarang Papua), Ambon, dan Aceh sejak akhir Tahun 1980an hingga Tahun 2005 dan yang terakhir baru dilaksanakan yaitu 1 Kompi tergabung dalam Kontingen Garuda XXIII-B UNIFIL di Lebanon.

 

Sebagai satuan yang asalnya merupakan bagian dari Kopassus, hingga kini masih memiliki hubungan emosional yang baik dengan pasukan elit Indonesia berbaret merah tersebut. Yang perlu diakui hingga kini yaitu militansi yang cukup tinggi dari prajuritnya, yang memang merupakan pembawaan watak dan warisan  dari para pejuang Sulawesi dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia yang hingga saat ini dikenal dengan sebutan Ayam Jantan dari Timur.

 

Keberadaan satuan ini telah diakui disegenap jajaran TNI AD, khususnya di Kostrad, Yonif Linud 432 cukup diperhitungkan baik dalam penugasan operasi maupun  pertandingan tingkat Kostrad maupun tingkat Angkatan Darat. Hal ini dapat dillihat dari banyaknya prestasi yaang diraih dalam operasi di Aceh dengan Kompi Pemburunya beserta Komando Detasemen pemukulnya semenjak awal Tahun 2000 hingga Tahun 2003 dan berbagai prestasi Olahraga yang ditunjukkan oleh prajurit Yonif Linud-432 di POR Kostrad dan PORAD Tahun 2007.

             

 

Dalam kesehariannya sebagai satuan Lintas Udara, Yonif Linud 432 senantiasa memelihara kemampuan perorangan untuk memperoleh suatu daya Tempur satuan yang diharapkan guna mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan Yaitu melaksanakan pertempuran darat jarak dekat dengan mencari, mendekati, menghancurkan dan menawan musuh serta merebut, menguasai, dan atau mempertahankan medan, baik berdiri sendiri maupun dalan hubungan satuan yang lebih besar, baik melalui darat maupun dari udara sesuai kualifikasi PARA nya untuk melaksanakan Operasi Linud dengan cara diterjunkan  atau didaratkan dengan menggunakan pesawat udara.

 

SEJARAH SINGKAT SATUAN

a.         Pada Tahun 1980 telah berdiri komplek militer di daerah Kariango kabupaten Maros,Sulsel.Sejak saat itu komplek tersebut menjadi Kesatrian Mako Grup-3 Kopassandha.Kemudian pada tanggal 6 Maret 1985 dikeluarkan keputusan pimpinan ABRI tentang penyerdehanaan organisasi TNI AD sehingga Detasemen Tempur 33 Kopassandha diorganisasi menjadi menjadi Yonif Linud-2 Kopassus secara administrasi menjadi salah satu unsur tempur Kostrad dengan nama Yonif Linud 432/WSJ.Akhirnya tanggal 9 Desember 1986 dijadikan sebagai Hari Jadi (HUT) Yonif Linud 432/Waspada Setia Jaya.

b.         Yonif Linud 432/WSJ mempunyai tunggul seperti halnya Satuan-Satuan yang lain. Adapun bentuk tunggulnya sama dengan Satuan lain yang dibawah Brigade Infanteri Lintas Udara 3/TBS,seperti Yonif Linud 431/SSP dan Yonif Linud 433/JS.Arti tulisan “WASPADA SETIA JAYA” antara lain :

-           WASPADA : memiliki kesiap siagaan yang tinggi agar tidak terdadak, penuh antisipasi ke depan, sehingga selalu siap melaksanakan tugas setiap saat dengan kesiapan jasmani dan rohani yang selalu prima serta keyakinan akan kemampuan dan kemahiran yang dimiliki.

-           SETIA : memiliki loyalitas yang tinggi baik ke atas, ke samping maupun ke bawah serta memiliki sikap mental dan jiwa yang menjunjung tinggi kebenaran dan kehormatan.

-           JAYA  : memiliki keharuman nama, penghargaan, penghormatan dan pengakuan dari keberhasilan dan kesuksesan setiap tugas yang diberikan kepadanya.

RIWAYAT PENUGASAN

-           Satuan tugas Halilintar Yonif Linud 432/WSJ di daerah Timor-Timur ( Februari 1988 -Mei 1989 ).

-           Satuan tugas Kresna Yonif Linud 432/WSJ di daerah Timor-Timur ( Februari 1989 -Januari 1990 ).

-           Satuan tugas Yonif Linud 432/WSJ di daerah Timor-Timur ( Desember 1991-Maret 1993 ).

-           Satuan tugas Yonif Linud 432/WSJ di daerah Irian jaya ( Oktober 1995 s.d Desember 1996 ).

-           Satuan tugas Rajawali-IV Yonif Linud-432/WSJ di daerah Timor-Timur ( Agustus 1998-Juni 1999 ).

-           Satuan tugas Pengamanan Jajak pendapat Yonif Linud 432/WSJ di daerah Timor-Timur ( September 1999 ).

-           Satuan tugas Pengamanan perbatasan NTT-  Timor-Timur Yonif Linud 432/WSJ di daerah Atambua-NTT ( Oktober 1999 s.d Juni 2000 ).

-           Satuan tugas Koden Rajawali Yonif Linud 432/WSJ di daerah Aceh ( April  2001- April 2002).

-           Satuan tugas Kompi Rajawali Yonif Linud 432/WSJ di daerah Aceh ( Mei 2001- April 2002 ).

-           Satuan tugas Kompi Rajawali Yonif Linud 432/WSJ di daerah Aceh ( April 2002 - April 2003 ).

-           Satuan tugas Koden dan Kompi Rajawali Yonif Linud 432/WSJ di daerah Aceh              ( Oktober 2002-Januari 2004 ).

-           Satuan tugas pengamanan perbatasan Papua Yonif Linud 432/WSJ di daerah Papua ( September 2004-Desember 2005 ).

-           Satuan tugas Kompi mekanik KONGA XXIII-B/ UNIFIL yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB di Lebanon ( Nopember 2007- Desember 2008 ).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOSTRAD

KOMANDO CADANGAN STRATEGIS ANGKATAN DARAT

MARKAS KOSTRAD
Jl. Merdeka Timur No.3
Jakarta Pusat
Indonesia